A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/sumselor/public_html/fdas/system/core/Exceptions.php:185)

Filename: controllers/web.php

Line Number: 14

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/sumselor/public_html/fdas/system/core/Exceptions.php:185)

Filename: controllers/web.php

Line Number: 14

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/sumselor/public_html/fdas/system/core/Exceptions.php:185)

Filename: controllers/web.php

Line Number: 56

FDAS | Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Sumatera Selatan
Menu Sidebar
Login Administrator
Kategori Artikel
Download Center
Link Terkait












Statistik Pengunjung
  • Dikunjungi oleh : 51119 user
  • IP address : 54.198.233.27
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Kantor Pusat Administrasi

    Forum DAS Sumatera Selatan

    Alamat :

    Kantor Sekretariat Bersama Forum DAS Sumsel

    Jl. Kol. H. Burlian Km 6,5 Punti Kayu Palembang

    Telp: 0711-5614522

    email : fdas.sumsel@gmail.com

    Ada Ketimpangan Perijinan Tata Kelola Hutan di Sumsel
    Tanggal 13-11-2013 19:21:29 | Kategori Kliping koran | Oleh edward saleh
    Share this article on

    TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Rabu, 13 November 2013 18:41 WIB

    Dari 4,4 juta hektar kawasan tata kelola hutan di Sumsel, ada 800 ribu hektar yang sudah diberikan izin kepada pihak swasta sedangkan masyarakat baru dialokasikan 100 ribu hektar.

    "Ini berarti ada ketimpangan yang dominan ke pihak swasta ketimbang di masyarakat," ujar Project Manager Tata Kelola Hutan dari UNDP, Dr Abdul Wahid saat diskusi tindak lanjut desiminasi hasil PGA Sumsel di ruang rapat bina praja Provinsi Sumsel, Rabu (13/11/2013).

    "Peran pemerintahlah untuk mempercepat realisasi akses masyarakat karena untuk aturannya sudah sangat mendukung sekali tentang hutan kemasyarakatan. Tapi alokasi anggaran untuk mendapatkan izin ini memang belum dianggarkan, padahal dari kajian kita semua yang mendapatkan harus mendapat pendampingan. Kami apresiasi gubernur Sumsel ada komitmen untuk ini, karena Sumsel sudah punya bantuan hukum yang gratis untuk masyarakat. Ini hampir sama polanya, yaitu bantuan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan izin itu," jelasnya.

    Menurutnya, setelah izin didapat barulah tentang bagaimana hal itu dimanfaatkan. Kalau semua dilakukan ini pasti meningkatkan PDB (pendapatan domestik bruto) di Sumsel yang seiring dengan Sumsel gemilang. Pihaknya menilai dari hak tersebut akan ada energi terbaru yang bisa dimanfaatkan mulai dari hasil kayu dan lain sebagainya.

    "Jadi dari rekomendasi yang disampaikan ini, pemprov Sumsel akan menyusun suatu tindak lanjutnya tentang siapa yang melakukan apa. Hal inilah yang akan dipakai oleh Gubernur untuk memonitoring apakah SKPD terkait tersebut menindaklanjuti apa yang telah disusun oleh tim khusus dalam hal ini yang dibentuk oleh provinsi Sumsel, dari UNDP akan membantu memberikan rekomendasi," urainya.

    Artikel Terbaru

    Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia

    Tanggal 20-08-2016 15:03:39 | Kategori Berita | Oleh Midranesiah Hamid

    Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (5 Juni) dan Hari Penanggulangan Degradasi Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia (17 Juni), Forum Komunikasi Pengelolaan Daerah Ali.......

    500 Ribu Hektar Lahan Sumsel Kritis

    Tanggal 20-08-2016 15:03:39 | Kategori Berita | Oleh Midranesiah Hamid

    Palembang-Sedikitnya 500 ribu hektar lahan kritis di Sumsel secara bertahap mengalami kekeringan. Hal ini dikarenakan penurunan degradasi lahan di Sumsel belum seimbang dengan reha.......

    Rehabilitasi Hutan Mangrove Terbatas

    Tanggal 20-04-2016 09:54:41 | Kategori Berita | Oleh Midranesiah Hamid

    Areal konservasi hutan mangrove di Sumsel yang direhabilitasi, tidak sebanding dengan jumlah kerusakan yang terjadi. Dalam setahun, hanya 2.000 hektare yang direhabilitasi, lantara.......

    Pemprov Minta Aliran Sungai Diperbaiki

    Tanggal 19-04-2016 13:31:13 | Kategori Berita | Oleh Midranesiah Hamid

    PALEMBANG- Pemerintah Provinsi Sumatera selatan melalui Dinas kehutana Sigit Wibowo melantik Pengurus Forum Daerah aliran Sungai (DAS) Sumsel Periode 2015-2020 di hotel Grand Zury .......

    Copyright © 2013 FDAS | Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai

    Provinsi Sumatera Selatan

    Created by AFSHI